Searching...
Tuesday 25 December 2012

Batang Bercatur sampai Uzbekistan

Skack mat ...terdengar suara nyaring di sela-sela heningan pion dan ster yang sedang melakukan adu strategi yang di ikuti oleh para profesional pecatur Kab.Batang dalam rangka Kejuaraan Catur..

Sebanyak 300 pecatur mengikuti Kejuaraan Catur tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Percasi Kabupaten Batang, Minggu (23/12). Kejuaraan Catur cepat perorangan tingkat nasional ini memperebutkan Bupati Cup Batang Tahun 2012.
Foto : Ketua Percasi Batang, Agus Riyadi, mencoba bermain catur dengan pecatur Uzbekistan

Lomba Catur ini agak berbeda dengan sebelumnya, karena tahun ini diikuti oleh pecatur dari luar negeri, yaitu Avazbek Ishbaev dari Uzbekistan. Avazbek sengaja datang mengikuti pertandingan di Batang ini sekaligus berlibur dan merupakan kebahagiaan bagi dia karena diperbolehkan mengikuti lomba catur ini.

Menurut Ketua Percasi Batang Agus Riyadi, Kejuaraan Catur Cepat Nasional ini diselenggarakan di Rumah dinas Bupati sebagaimana permintaan Bupati Batang. Selain peserta dari Uzbekistan, Kejuaraan  Catur ini diikuti peserta dari 8 provinsi di Indonesia dan  14 Kabupaten di Jawa Tengah. Total hadiah yang telah disiapkan panitia sebesar 15 Juta. Sedangkan maksud diselenggarakannya kejuaraan catur  ini adalah ajang silaturahmi, persaudaraan antar pemain,  serta mencari pemain-pemain catur terbaik di Kabupaten Batang guna mempersiapkan diri menghadapi Porprov Tahun 2013 yang jatuh pada bulan Oktober di Kabupaten Banyumas. “Karena catur adalah salah satu dari 15 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dan harus melalui kualifikasi,” terang Agus.

Sementara itu, Ketua Percasi Jawa Tengah, dr. Noorwahid, Sp. THT mengatakan dalam lomba catur bukan mencari kemenangan semata, tapi yang utama adalah silaturahmi antar pemain. Menurutnya menang tak akan membawa kepuasaan jika tidak didukung dengan sportivitas. “Maka junjunglah sportivitas yang tinggi dalam Kejuaraan Catur Cepat Perorangan ini,” kata Noorwahid.

Noorwahid juga mengucapkan terima kasih kepada kabupaten Batang yang telah menyelenggarakan lomba catur tingkat nasional. Menurutnya, Kabupaten batang adalah kabupaten paling konsisten dalam penyelenggaraan kejuaraan catur. “Seandainya saja setiap kabupaten lain menyelenggarakan lomba catur pasti catur di Jawa Tengah akan baik prestasinya. Saat ini Kabupaten Batang lah yang konsisten menyelenggarakan Kejuaraan Catur tingkat nasional, dan saya berharap akan lebih banyak lagi pesertanya,” harapnya.

Sekretaris Daerah, Drs. Nasikhin, mengatakan dalam permainan catur sebetulnya banyak manfaatnya yaitu di mana kita harus bisa mengolah otak secara seimbang baik kehidupan sehari-hari maupun olah raga, sehingga nantinya akan menemukan keseimbangan hidup di dunia dan di akhirat. Dalam olah raga apapun sportifitas dan kejujuran harus ditegakkan karena kemenangan yang diperoleh secara sportifitas akan menumbuhkan atlet-atlet yang baik, yang bisa membangun bangsa dalam bidang olah raga.

Menurut Nasikhin, Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo sangat mengapresiasi diselenggarakan kejuaraan. Oleh karenanya Bupati memerintahkan Ketua Percasi untuk menggelar kejuaraan catur  tersebut di rumah dinasnya. “Dan untuk tahun depan bisa diselenggarakan lebih baik lagi dengan persiapan yang lebih panjang sehingga nantinyapun akan lebih banyak pesertanya. Dengan kejuaraan catur ini saya mengharapkan banyak akan tumbuh pecatur-pecatur muda dengan gelar Grand Master,” tandas Nasikhin. (dion-humas)

sumber:http://batangkab.go.id

0 comments:

 
Back to top!